Blog ini menyediaakan berbagai macam Aneka Artikel tentang dunis kesehatan, semoga yang sedikit ini membawa banyak manfaat bagi kita semua.
 

Menajaga Kesehatan Mata


infomanfaat.com – Mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran vital bagi kehidupan manusia. Mata berkedip merupakan sebuah aktivitas besar yang jarang kita ketahui fungsinya. Seringkali kita menganggap remeh aktivitas mata yang satu ini, namun sebenarnya inilah upaya terbesar dari organ mata itu sendiri agar terus bisa menjalankan fungsinya.
Pernahkan Kamu menghitung berapa kali mata Kamu berkedip dalam sehari? Ada beberapa orang yang tingkat frekuensi berkedipnya cepat, dan ada pula orang-orang yang tingkat frekuensi berkedipnya lebih lama. Jika Kamu mengetahui manfaat berkedip yang sebenarnya, maka Kamu akan menyadari betapa besar nikmat yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia hanya dari satu aktivitas sederhana, yaitu berkedip.
Mata manusia dalam sehari bisa berkedip sebanyak 15.000 kali. Angka itu adalah perkiraan jumlah untuk mereka yang berusia dewasa dan memiliki kesehatan mata yang normal. Jumlah yang tidak Kamu sadari sebagai cara mata untuk menjaga fungsi kerja mata. Pada berbagai kondisi, jumlah kedipan setiap orang berbeda-beda. Faktor usia merupakan faktor utama yang memengaruhi jumlah kedipan yang dilakukan oleh seseorang. Bayi masih memiliki selaput lendir mata yang banyak sehingga tingkat frekuensi kedipannya relatif lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang berusia lanjut yang memiliki sedikit selaput lendir pada matanya. Beberapa faktor pemicu psikologis lainnya juga memberi pengaruh pada jumlah kedipan, misalnya orang yang sedang marah, emosi, gugup, malu, atau melihat sesuatun yang menarik hati, jumlah kedipan mata yang dilakukan akan berbeda-beda.
Manfaat berkedip yang dilakukan oleh mata diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Berkedip adalah upaya yang dilakukan oleh mata untuk menjaga kelembaban yaitu dengan cara membasahkannya dengan air mata pada permukaan bola mata, terutama pada bagian kornea. Bagian kornea pada mata akan mudah mengalami iritasi apabila dibiarkan pada kondisi kering.
  2. Berkedip sebagai bentuk refleks untuk mencegah masuknya berbagai bentuk benda asing ke dalam mata. Berbagai kotoran, debu, atau mungkin binatang kecil yang masuk ke mata Kamu akan dengan mudah tedeteksi dengan terjadinya kedipan mata. Keberadaan bulu mata juga akan membantu proses berkedip, orang yang memiliki bulu mata sedikit atau pendek cenderung akan lebih mudah terkontaminasi oleh kotoran atau debu. Bulu mata yang panjang biasanya akan lebih membantu melindungi mata.
  3. Berkedip merupakan bentuk respon atas berbagai peristiwa yang terjadi. Kedipan mata merupakan salah satu bagian dari bahasa tubuh yang memiliki banyak arti. Kedipan mata yang terlalu banyak bisa memiliki arti bahwa seseorang sedang menyimpan kebohongan, grogi, dan sebagainya. Orang-orang seperti ini biasanya akan melakukan kedipan mata dengan jumlah kedipan yang lebih banyak.
  4. Manfaat berkedip yang lain adalah untuk menambah nilai estetika wajah dan penampilan Kamu. Bayangkan apa jadinya jika mata Kamu tidak berkedip, maka bisa jadi Kamu adalah sosok tanpa ekspresi yang mengerikan.
Beberapa manfaat kedipan mata di atas tentunya akan membuat Kamu semakin menyadari bagaimana pentingnya menjaga kesehatan mata yang dapat ditempuh dengan mengkonsumsi sumber-sumber vitamin yang mendukung, serta tidak melakukan berbagai kegiatan yang memicu kerusakan pada mata.

0 comments :

Posting Komentar

ALL OF SPACE LINK PAY TO CLIC Or Internet Marketing

JOIN WITH EASYHITS4U The Most Popular Traffic Exchange KLIK ME Please $6.00 Welcome Survey After Free Registration!