Blog ini menyediaakan berbagai macam Aneka Artikel tentang dunis kesehatan, semoga yang sedikit ini membawa banyak manfaat bagi kita semua.
 

Kesehatan Mata Dari Komputer

Tidak tahu tepatnya kapan gejala mata cepat  lelah ini dimulai, yang pasti, setiap kali mata sudah terasa lelah karena terlalu lama melototi komputer, saya hanya istirahat sejenak, tiduran, atau nongkrong sebentar di depan rumah. Kadang juga jalan-jalan sebentar melihat pemandangan yang lebih menyegarkan, tapi hal ini jarang sekali dilakukan.
Saya termasuk pengguna komputer yang rutin, pagi, siang, sore, malam, komputer teman dan mainan saya setiap hari dan nyaris sepanjang hari berhadapan dengan alat elektronik ini.
Tidak pernah mengetahui cara penggunaan komputer yang baik agar tetap tidak berdampak pada kesehatan mata, membuat saya santai-santai saja menggunakan komputer, khususnya tidak menganggap peduli jarak dan pencahayaan layar LCD, atau aturan lainnya tentang cara menggunakan monitor LCD.
Sebetulnya sudah sejak lama saya memeriksakan mata pada dokter, sekitar tiga bulan yang lalu. Dokter pun menyarankan saya menggunakan kaca mata setiap kali berhadapan dengan layar komputer. Akan tetapi, saya tidak menggubris saran dokter itu meski kacamata sudah dibelikan orang tua. Apalagi mengingat radiasi lacar LCD tidak begitu berpengaruh besar pada kesehatan mata, sehingga saya benar-benar tidak menganggap penting memperhatikan dan menjalankan saran dokter itu. Dan sekarang, saya menanggung akibatnya. Kacamata harus melekat pada diri saya. Saya harus selalu memakai kacamata.
Sekedar berbagai pada para pembaca yang mungkin tidak menganggap peduli kesehatan mata, atau malah merasa tangguh berhadapan dengan layar komputer, apapun jenisnya. Saya sarankan, mulai sekarang perhatikan cara-cara yang baik jika berhadapan dengan komputer, sebab menggunakan kacamata itu, menurut perasaan saya, tidak membuat nyaman dan sedikit banyaknya mengganggu beberapa aktifitas.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kesehatan mata tetap terjaga jika berhadapan dengan layar monitor:
1. Perhatikan jarak antar mata dengan monitor. Diusahakan jangan terlalu dekat melebihi jarak 30 cm. Dan jangan pula terlalu jauh, sebab bisa membuat mata dipaksakan fokus pada grafik komputer.
2. Atur warna dan cahaya komputer sesuai dengan kenyamanan mata
3. Jangan memaksakan mata berhadapan dengan komputer dalam keadaan gelap. Lebih baik nyalakan saja lampu.
4. Jika membaca tulisan di tampilan monitor terlalu kecil, dan tulisannya banyak juga panjang. Lebih baik copy saja pada microsof word, dan sesuikan besar huruf agar enak dibaca. Atau, jika malas mengcopy, gunakan CTRL + putar scrol mouse ke atas biar tampilan website nya membesar. Otomatis huruf-hurufnya pun akan ikut membesar.
5. Jika anda masih menggunakan monitor yang berbentuk balok, yang kacanya cembung. Diusahakan menggantinya dengan layar LCD atau LED. Sebab kedua monitor jenis itu radiasinya lebih kecil.
6. Makanan pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Memperbanyak makanan bervitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
7. Selalu posisikan duduk berhadapan dengan monitor pun harus dibuat senyaman mungkin.
8. Jika kelelahan mata berdampak pada mudah merasa pusing, sebaiknya bertanya pada dokter.
Seperti itu, intinya, selalu kondisikan agar mata merasa nyaman dan tidak cepat lelah. Penglihatan sangat mahal dan diberikan oleh Tuhan secara gratis, tidak bisa dibeli oleh manusia. bahkan mengobatinya pun sangat mahal jika mata terganggu penglihatannya. Maka, mari menjaga kesehatan mata bareng-bareng.
Saya telat menuliskan tips ini (untuk diri sendiri), dan sangat terlambat mempraktekannya. Dan sekarang saya sudah menanggung akibatnya. Semoga semuanya sehat selalu.

1 comments :

anekartikelkesehatan mengatakan...

iya salam kenal juga.. sama2.. kita sahre ya..

Posting Komentar

ALL OF SPACE LINK PAY TO CLIC Or Internet Marketing

JOIN WITH EASYHITS4U The Most Popular Traffic Exchange KLIK ME Please $6.00 Welcome Survey After Free Registration!